Merangsang Kreativitas Anak Bagian II

23 Dec

Apakah Anda memerlukan mainan khusus untuk merangsang kreativitas? Para ahli mengatakan tidak perlu. Ada banyak kegiatan yang mudah untuk Anda dan anak Anda lakukan bersama-sama untuk mengasah kreativitas.

  1. Gunakan pertanyaan kreatif. Salah satu cara untuk membantu anak-anak untuk berpikir lebih kreatif adalah dengan bertanya kepada mereka bagaimana mereka akan mengubah hal-hal untuk membuat mereka lebih baik. (Apa yang akan terasa lebih enak jika itu manis? Apa yang akan lebih menyenangkan jika lebih cepat atau lebih lambat?? Apa yang akan lebih bahagia jika lebih kecil atau lebih besar? Apa yang akan lebih menarik jika ia pergi ke belakang?)
  2. Tanyakan, “Apa yang akan terjadi jika?” (Apa yang akan terjadi jika semua mobil telah pergi? Apa yang akan terjadi jika semua orang memakai baju yang sama? Apa yang akan terjadi jika tidak ada yang membersihkan rumah?)
  3. Tanyakan “di-berapa-banyak-berbeda-cara” (Berapa banyak yang bias digunakan?)
  4. Gunakan bermain kreatif. Kegiatan seperti “ikuti pemimpin” mendorong anak untuk berpikir gerakan kreatif dan pengalaman orang lain mengikuti contoh mereka. Menggunakan bahan sederhana (balok, lumpur, pasir, tanah liat, air) agar anak dapat membangun dan mendesain menggunakan keterampilan mereka sendiri.
  5. Gunakan konsep cerita bersambung. Seseorang mulai bercerita dan kemudian setiap orang menambahkan bagian. Baca cerita dan bertindak keluar. wayang Gunakan untuk bertindak keluar plot.
  6. Gunakan alat peraga untuk membuat ide-ide baru. (permainan biscuit berbentuk hrwan – anak memilih satu biskuit; melihat itu, lalu memakannya. Kemudian anak menjadi yang hewan selama 1-2 menit. Gunakan gerakan kreatif untuk bertindak dan bergerak seperti hewan tersebut).
  7. Gunakan permainan peran (keluarga kejadian, game simulasi, situasi sekolah) untuk membantu anak-anak melihat sudut pandang orang lain dan untuk mengeksplorasi perasaan mereka. Mintalah anak-anak menggambarkan orang-orang yang mereka lihat di gambar sebagai bagaimana mereka mungkin merasa atau berpikir.

3 Responses to “Merangsang Kreativitas Anak Bagian II”

  1. lebahcommunity January 4, 2011 at 3:41 AM #

    izin share ya mbak ke blog kami
    http://www.portalkreatif.wordpress.com

    matur nuwun

Trackbacks/Pingbacks

  1. Merangsang Kreativitas Anak ~ goresan akhir « portalkreatif - January 4, 2011

    […] : https://playandartkids.wordpress.com/2010/12/23/merangsang-kreativitas-anak-bagian-ii/ LikeBe the first to like this post.▶ No Responses /* 0) { jQuery('#comments').show('', […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: