Bagaimana ini?

22 Jun

Benak saya dipenuhi oleh pertanyaan, “bagaimana ini?” hampir satu bulan terakhir. Kenapa? Saya khawatir dengan pemberitaan media massa, terutama infotainment di layar tv Indonesia.

Anak-anak menyerap banyak informasi dari lingkungan sekitarnya. Salah satu yang dekat dengan kehidupan tentunya tv. Benda itu seperti wajib dinyalakan setiap waktu. Banyak pula orangtua yang mengandalkan tv untuk membuat anak-anak mereka anteng dan nggak rewel. Maraknya pemberitaan yang tidak layang tayang di waktu siang membuat saya semakin miris. Apakah yang ada di pikiran para produser itu dengan menayangkan acara yang -mengutip perkataan seorang teman “nggak penting banget”?

Siapa yang tidak tahu berita mengenai video artis yang tersebar. Mengapa infotainment mesti membahas masalah ini terus menerus di waktu yang tidak pantas, di saat anak-anak sedang beristirahat sambil menonton tv? Belum lagi potongan-potongan gambar senonoh yang terus ditayangkan membuat anak-anak bertanya-tanya ada apa itu? Menjadi contoh yang tidak baik. Saya berlangganan tivi kabel agar sepupu saya bisa mendapatkan tayangan khusus anak-anak yang sewajarnya, seperti Disney Playhouse, dsb. Namun si anak yang tebiasa mengikuti tayangan tv nasional mudah merasa bosan dan kembali lagi.

Lalu, bagaimana ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: