selalu seru di bulan Juli

20 Jul

Setelah beberapa waktu para orangtua dan anak-anaknya tegang menunggu hasil penentuan lulus tidaknya dari jenjang sekolah yang sudah ditempuh beberapa tahun, bulan Juli selalu menjadi bulan yang sangat seru, setidaknya bagi saya, keseruan itu selalu ada setiap tahun

Papa saya adalah seorang guru sebuah SMA negeri. Ya, beliau adalah seorang PNS. Cerita-cerita mengenai kelulusan muridnya, sibuknya para orangtua calon siswa baru, banyak cara yang lazim hingga tidak lazim sanggup dilakukan oleh mereka yang kalang kabut dan tidak siap mental dalam menghadapi perubahan jenjang kehidupan mereka.

Hebat.

Namun yang paling menarik bagi saya, cerita kebanggaan adik sepupu saya yang baru naik ke Kelas B di TK Muhajir. Beberapa waktu yang lalu, kami sekeluarga mengantarnya pergi ke Saung Angklung Udjo untuk merayakan hari kenaikan kelas dan kelulusan di TK-nya. Ia berpartisipasi dalam acara Pentas Seni dengan menjadi Lebah dengan kostum boneka yang sangat lucu. Yang sangat saya sayangkan dari acara ini, namanya saja kan acara anak-anak, seharusnya yang dibuat senang ya anak-anaknya, tapi ini yang sibuk malah gurunya. Terlalu banyak sambutan, dari guru, kepala sekolah, ketua yayasan, wakil orangtua siswa, kepala dinas, kepala ini itu ini itu.. sampai saatnya anak-anak menjadi jenuh dan langsung membuat keributan. Mau ditenangkan dengan cara apapun saya kira wajar mereka ribut. Bayangkan, pasti semalam mereka disibukkan persiapan sama mamanya, pagi-pagi sekali dibangunin supaya nggak terlambat, dikostumin berat-berat, yang cewek didandani, eh masih disuruh nungguin lama kata-kata sambutan yang mungkin nggak dimengerti oleh anak-anak ini. Kalau saya jadi mereka sih, pasti senewen dan gelisah. Wong acara wisudaan ITB beberapa waktu yang lalu aja saya bosan minta ampun apalagi anak kecil.

Beda dengan acara pentas seni yang diadakan oleh playgroup internasional yang saya datangi beberapa tahun yang lalu. Mereka dengan profesional mengadakan acara untuk anak-anaknya. Benar-benar merayakan hari untuk anak-anak!!!

Kok bisa beda?

Adik sepupu ini sampai sekarang kalau ditanya, kenapa nggak main ke rumah saya, selalu bilang kan adek kelas B sekarang. He feels that he’s much busier than ever because he’s now at the higher level😀 cute! Umurnya 5 tahun, sudah ikut les. Biaya sekolahnya mahal. Gimana nanti 5-10 tahun ke depan ya? Hehe.. Yang penting adik sepupu saya itu happy dengan grade barunya.

happy class B, bunaa..

2 Responses to “selalu seru di bulan Juli”

  1. iwan August 10, 2009 at 3:29 PM #

    Saat ini memang yg terpenting bagi orang tua (khususnya ogut) adalah bagaimana mengarahkan “visi dan misi” hidup kepada anak-anak.
    Sadar atau tidak, seringkali kebijakan ortu selalu dianggap “keramat” apapun itu…(walaupun kadang-kadang tidak rasional) sehingga lupa bahwa anak adalah individu yg bisa kita libatkan untuk sharing masa depan mereka.
    …………….

    Sinar kunang-kunang tidak terlalu terang karena kecil. Kendatipun kecil tetapi keluar saat alam sekitar gelap gulita dan biasanya banyak, maka terlihat sangat indah.
    Memperhatikan ”letupan” sinar kunang-kunang anak-anakku dalam merespon apa yang terjadi di sekitarnya, seringkali membuatku tertegun.
    Ternyata mereka tidaklah ”senaif” yang kita bayangkan. Mereka adalah ciptaan yang unik dan memiliki potensi logika yang mencengangkan.
    Aku banyak belajar dari mereka dan seringkali ”letih” untuk menjawab pertanyaan mereka. Letih dalam mencari rujukan dan merenung sebelum menjawab.

    Thank’s sis,semoga mereka kelak akan selalu teringat, bahwa salah satu inspirasi hidup mereka adalah dari seorang teteh…..

    We love you full.

    • missbikinibitsy August 10, 2009 at 4:13 PM #

      makasih banyak om..
      this is only thing i could do at least
      you are always be my favorite uncle, so does your kiddos..
      love ya’ll full too

      snob
      gotta cry out loud…..hwaaa!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: