Proses Penciptaan Karya Seni oleh Anak

17 Mar

Karya seni?
Buatan Picasso sama Raden Saleh aja?
Coretan anak di dinding dan puisi yang ia tempelkan di kulkas apakah karya seni?

    Mengamati > Merasakan > Berpikir > Melakukan

Proses Mengamati memberikan kesempatan bagi anak untuk mengembangkan kepekaan persepsinya, dimana anak dapat mengembangkan kemampuannya dalam melakukan pengamatan kritis.
Proses Merasakan memberikan kesempatan bagi anak untuk mengembangkan respon estetik melalui kegiatan mengapresiasi dan mengembangkan kepekaan penilaian estetis sejak dini.
Proses Berpikir kemudian lebih personal. Dimana anak belajar mengembangkan kemampuan mengevaluasi setelah mengapresiasi.
Proses Melakukan merupakan proses yang paling personal. Dimana anak mengungkapkan gagasannya, emosinya, perasaannya, apa yang telah dipikirkannya kedalam suatu bentuk kegiatan dan objek. Disini ia belajar mengembangkan keterampilannya dalam menentukan alat dan media untuk menghasilkan bentuk visual yang dapat dilihat dan dinikmati oleh orang banyak.

Proses penciptaan karya seni pada umumnya dilakukan melalui tahapan demikian.
Saat anak mulai mengamati lingkungannya hingga perasaannya, lalu ia berpikir akan kejadian-kejadian, hingga akhirnya ia akan mengekspresikan apa yang ia pikirkan dalam bentuk nyata. Bisa coretan, guntingan, berbentuk atau โ€acak-acakanโ€, itโ€™s all about expression. A free of exppression! Hidup anak adalah tentang freedom! Berkesenian pun adalah freedom!

cheers,
sallynatanegara

2 Responses to “Proses Penciptaan Karya Seni oleh Anak”

  1. iwan March 17, 2009 at 5:39 PM #

    Seorang Psikolog anak pernah mengatakan “dunia anak penuh dengan warna-warni. Kamar tidur dan tempat bermain untuk anak, dipenuhi dengan warna terang dan ceria sebagai stimulasi untuk indera penglihatan.”
    Tak dapat dipungkiri lagi bahwa warna dapat memengaruhi suasana hati serta persepsi terhadap ukuran, suhu dan atmosfer. Satu yang mungkin belum banyak kita sadari, warna dapat digunakan untuk mendekatkan hubungan orang tua dan anak melalui kegiatan bermain.

    So…betapa asyiknya mengenalkan seni kepada anak sejak dini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: