Pendidikan Anak Usia Dini

16 Mar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.
Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu:
• Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
• Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.

Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini
• Infant (0-1 tahun)
• Toddler (2-3 tahun)
• Preschool/ Kindergarten children (3-6 tahun)
• Early Primary School (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini

6 Responses to “Pendidikan Anak Usia Dini”

  1. Chherr April 12, 2009 at 12:49 AM #

    saya sangat setuju dengan pendidikan usia dini ,dengan catatan anak enjoy dan senang ,dan sebagai orangtua juga harus banyak belajar ,ini ada ebook yang lumayan bagus bisa direkomendasikan ,yang paling penting adalah peran orangtua
    http://bayikusukses.com

  2. Muhammad Ali Amiruddin May 16, 2010 at 5:45 AM #

    Kami juga paud namanya PAUD Azkiya, kendalanya kadang-kadang dari SDM yang kurang memadai dan sarana yang kurang lengkap. kendala lain sering kurang memahaminya konsep pendidikan anak usia dini dengan taman kanak-kanak karena masing-masing pihak saling bersebrangan

    • missbikinibitsy May 22, 2010 at 5:18 AM #

      Hallo, salam kenal, terimakasih sudah mengunjungi blog saya..
      Bagaimana mengenai SDM yang kurang memadai? Apakah latar belakang pendidikan mereka tidak sesuai dengan kriteria pelaksana PAUD? Jika berkenan, dapatkah Bapak menceritakan kendala apa saja yang dihadapi?

  3. pendidikan anak April 8, 2011 at 8:36 AM #

    ada yang kurang mengenai pendidikan di negeri ini. selain fokus masalah anak hal yang luput jadi perhatian adalah menjadi parenting yang baik. paut dan pendidikan formal hanya berefek sebagian kecil terhadap perkembangan anak. selebihnya adalah keluarga

    • sallynatanegara April 9, 2011 at 2:16 AM #

      Halo, terimakasih sudah mengunjungi blog saya. Saya menyetujui bahwa perkembangan seorang anak juga ditentukan oleh lingkungan keluarga dimana ia melihat keseharian dan belajar banyak darinya. Banyak hal yang saling berkaitan, kita sebagai orangtua hanya bisa berusaha untuk menyediakan lingkungan serta fasilitas penunjang yang terbaik untuk anak-anak kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: