Merangsang Kreativitas Anak

9 Dec

Menurut para ahli, adalah mungkin untuk mendorong atau menghambat perkembangan dan ekspresi kreativitas pada anak. Kebanyakan teori perkembangan anak melihat mereka sebagai sangat kreatif, dengan kecenderungan alami untuk berfantasi, eksperimen, dan mengeksplorasi lingkungan fisik dan konseptual. Namun tingkat kreativitas yang tinggi belum tentu dapat dipertahankan sepanjang masa hingga saat menjadi dewasa. Tingkat kreativitas dapat menurun ketika mereka mulai memasuki usia TK dan kembali menuju puncak ketika mereka mencapai usia pubertas.

 

Kreativitas pada dasarnya adalah suatu bentuk pemecahan masalah. Tapi ini merupakan tipe khusus dari pemecahan masalah – yang melibatkan masalah dengan tidak ada jawaban yang mudah. Kreativitas melibatkan kemampuan adaptasi dan fleksibilitas pemikiran.Ini adalah jenis keterampilan yang terdapat dalam banyak laporan pendidikan sebagai sesuatu yang sangat penting bagi siswa.

 

Untuk pemahaman yang benar dari kreativitas anak-anak, kita harus membedakan antara kreativitas dari kecerdasan dan bakat. Peneliti berpendapat bahwa kecerdasan dan kreativitas adalah independen satu sama lain, dan seorang anak yang sangat kreatif mungkin atau mungkin tidak sangat cerdas. Kreativitas melampaui kepemilikan dan penggunaan bakat seni atau musik. Dalam konteks ini, bakat mengacu pada memiliki tingkat tinggi keterampilan teknis di daerah khusus. Jadi seorang seniman mungkin memiliki kemampuan teknis yang luar biasa, tetapi tidak mungkin berhasil membangkitkan respon emosional yang membuat penonton merasa bahwa lukisan (misalnya) yang ia hasilkan adalah unik. Penting untuk diingat bahwa kreativitas dibuktikan tidak hanya dalam musik, seni, atau menulis, tetapi juga di seluruh kurikulum, dalam ilmu, ilmu sosial dan daerah lainnya.

 

Mungkin anda sering bertanya-tanya, apakah anak anda kreatif?

Kreativitas dapat dinilai secara informal oleh orang tua atau guru, maupun secara resmi melalui tes dan para ahli. Salah satu tes yang lebih umum adalah tes alternative dimana subjek diminta untuk memikirkan menggunakan sebanyak mungkin untuk objek umum. Sebagai contoh, ketika kita meminta anak berusia 4 tahun untuk memberitahukan “semua hal berwarna merah yang mereka bisa pikirkan,” kami menemukan bahwa anak-anak tidak hanya menyebutkan hal seperti mobil atau apel tetapi juga cacar air dan tangan yang kedinginan. Tes ini menilai pemikiran divergen dan biasanya dinilai dalam kaitannya dengan baik kuantitas dan kualitas jawaban. tanggapan anak-anak dapat berupa sesuatu yang populer atau asli, dengan bukti dianggap terakhir potensi kreatif.
Untuk anak-anak yang sangat muda, fokus dari kreativitas harus tetap pada proses, yaitu “generasi ide-ide”. Penerimaan dari orang dewasa terhadap beberapa ide mereka dalam suasana non-evaluatif akan membantu anak-anak menghasilkan lebih banyak ide.

 

Bagaimana cara orang dewasa untuk mendorong kreatifitas anak?

* Menyediakan lingkungan yang memungkinkan anak untuk mengeksplorasi dan bermain tanpa pembatasan yang tidak semestinya. Suasana harus mencerminkan dorongan dari orang dewasa dan penerimaan kesalahan, berani mengambil risiko, inovasi, dan keunikan, bersama dengan penerimaan kebisingan dan berantakan.

* Pilihan bahan. Tanpa menghabiskan jumlah besar uang, bahan-bahan seperti kertas barang dari segala jenis; menulis dan menggambar alat sebagai bahan baku untuk konstruksi dan kolase, seperti kancing, batu, kerang, manik-manik, dan biji-bijian, dan bahan-bahan patung, seperti adonan bermain, tanah liat, dan krim cukur dapat digunakan. Anak-anak menggunakan bahan yang paling produktif dan imajinatif ketika mereka sendiri telah membantu memilih, mengatur, mengurutkan dan mengatur mereka.

* Menerima ide-ide yang tidak biasa dari anak-anak dengan menangguhkan penilaian masalah anak-anak memecahkan berbeda. Hormati usaha mereka dan biarkan mereka tahu bahwa Anda memiliki keyakinan dalam kemampuan bahwa mereka dapat melakukannya dengan baik. Biarkan anak memiliki kebebasan dan tanggung jawab untuk menghadapi konsekuensi dari pemikiran mereka.

* Gunakan pemecahan masalah secara kreatif di semua bagian kurikulum. Gunakan masalah yang secara alamiah terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dorong anak untuk bereksperimen dengan cara yang tidak biasa. Dengarkan pertanyaan anak dan berikan tanggapan terhadap pengamatannya. Bantu perjelas apa yang telah anak amati dengan mengulangi apa yang Anda dengar dan mengajukan pertanyaan lebih lanjut tentang pengalaman. Pertanyaan dan pengamatan baru dapat muncul dari proses eksplorasi bersama-sama.

* Kreativitas tidak mengikuti jam. Berikan kebebasan waktu untuk mengeksplorasi dan melakukan pekerjaan terbaik mereka. Untuk mengeksplorasi semua kemungkinan, bergerak dari ide-ide umum lalu untuk ide-ide yang lebih asli.

* Anak-anak merasa sulit untuk menjadi kreatif tanpa inspirasi yang konkret. Sebaliknya, mereka lebih suka menggambar pada bukti langsung dari indra mereka atau berdasarkan kenangan. Kenangan ini dapat menjadi lebih hidup dan dapat diakses melalui provokasi orang-orang dewasa dan persiapan. Misalnya, anak dapat didorong untuk mewakili pengetahuan dan ide-ide sebelum dan setelah mereka telah menyaksikan pertunjukan menyerap, mengambil kunjungan lapangan, atau diamati dan dibahas sebuah tanaman yang menarik atau hewan yang mereka lihat di taman.

* Ekspos anak Anda ke sebuah keragaman budaya, pengalaman, orang, dan cara berpikir. Biarkan mereka melihat bahwa ada cara yang berbeda untuk berpikir tentang suatu masalah. Mendorong anak untuk mencoba pengalaman baru dalam usia tingkat kemampuan dan harapan mereka.

* Tekankan proses daripada produk jadi. Bersantailah dan nikmati proses kreatif bersama anak Anda. Anak-anak yang selalu diarahkan agar sesuai dengan hasil yang diharapkan kehilangan kepercayaan diri dan spontanitas penting untuk pengembangan berpikir kreatif.

* Waspadalah terhadap hambatan untuk kreativitas. Hadiah-ketika orang tidak mengharapkan imbalan, akan membuat mereka lebih kreatif dan menikmati proses lebih. Jika anak mengetahui sebelumnya bahwa karya yang mereka buat akan dinilai dapat menyebabkan penurunan kreativitas. Begitu pun dengan tekanan dari sekelilingnya. Perasaan diamati orang lain ketika terlibat dalam proses kreatif dapat merusak kreativitas.

Disaring dan diterjemahkan oleh saya, dari artikel ini.

One Response to “Merangsang Kreativitas Anak”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Merangsang Kreativitas Anak (1 of 2) « portalkreatif - January 4, 2011

    […] https://playandartkids.wordpress.com/2010/12/09/merangsang-kreativitas-anak/ LikeBe the first to like this post.▶ No Responses /* 0) { jQuery('#comments').show('', change_location()); jQuery('#showcomments a .closed').css('display', 'none'); jQuery('#showcomments a .open').css('display', 'inline'); return true; } else { jQuery('#comments').hide(''); jQuery('#showcomments a .closed').css('display', 'inline'); jQuery('#showcomments a .open').css('display', 'none'); return false; } } jQuery('#showcomments a').click(function(){ if(jQuery('#comments').css('display') == 'none') { self.location.href = '#comments'; check_location(); } else { check_location('hide'); } }); function change_location() { self.location.href = '#comments'; } }); /* ]]> */ […]

Leave a comment