Saya, Tempat Kursus dan Manfaatnya

16 Mar

Saya pernah mengikuti kursus seni. Kelas 3 SMA, niat saya untuk mendaftarkan diri ke FSRD ITB semakin mantap. Seperti kebanyakan siswa tingkat akhir, saya juga terpengaruh oleh ”pentingnya bimbingan belajar” akbat dari lingkungan, iklan dan promosi gencar yang dilakukan oleh tempat-tempat kursus. Karena saya ingin masuk fakultas seni, maka saya mendaftar ke salah satu bimbel seni rupa terkenal di daerah Dago pada waktu itu. Sekali, oke, kedua kali, oke, temennya rame-rame, tapi akhirnya saya bosan dan akhirnya keluar sendiri setelah beberapa kali pertemuan. Lalu saya dan teman memutuskan untuk privat gambar kepada seorang alumni FSRD ITB juga. Yang istrinya adalah ketua ikatan alumni SR-ITB. Disini saya lebih betah, waktu belajar yang malam hari pun saya nggak masalah, meski nyetir sendiri pulang malem dan kata adik saya rumahnya berhantu, saya betah! Hehehe… Awalnya disana cuman kami berdua, lalu bertambah dengan seorang lagi dan dua keponakan si Oom guru les itu. Seru! Diantara kami berlima, hanya saya dan teman yang akhirnya lolos masuk UMFSRD, tapi hanya saya yang akhirnya lulus sarjana dari FSRD karena si teman haruslah pindah ke uni lain karena satu dan lain hal. Padahal waktu privat dulu, kami berdua lah yang paling sering ngabur, bolos ke mana kek, paling nggak serius dibanding tiga yang lain. Oiya ternyata, salah satu dari tiga itu ada yang buta warna parsial, sehingga dia gak mungkin masuk SR.

Rutinitas berangkat ke tempat les dengan satu kelas berisi belasan orang ternyata nggak cocok buat saya. I would prefer stay on a smaller class dengan cara belajar yang lebih personal. Hanya saja waktu itu saya udah kelas 3 SMA jadi agak malas kalau mesti guru privatnya yang datang kerumah, maka saya lah yang nyamperin beliau.

Balik lagi ke waktu yang lebih lama, waktu saya memenangkan lomba gambar di masa kecil yang saya ikuti. Salah satunya, terdapat seorang juri yang ceritanya selalu saya kenang, Bapak Oho Garha. Beliau yang pengajar seni rupa dan pelukis terkenal, sempat berbicara dengan mom&pap, pada saat itu saya peserta terkecil yang menang. Beliau menyarankan agar mom&pap tidak mendaftarkan saya ke sebuah tempat kursus gambar ternama di Bandung. Padahal waktu itu mereka sangat berpikiran untuk segera memasukkan saya kesana karena di usia 3 tahun saya sudah sering memenangkan lomba gambar dan berpikiran sayang sekali jika ‘bakat’ saya ini tidak diarahkan. Setelah ngobrol ini itu sama Pak Oho, didapat kesimpulan kalau anak ini sebaiknya tidak mengikuti kursus gambar di tempat-tempat les yang sedang hip. Dilihat-lihat, meski mereka hasil didikan tempat les sering memenangkan lomba, gaya gambar, cara mewarna, dsb mirip satu sama lainnya, yes, they got the style, the same style. Jadi kemudian saya akhirnya menggambar bebas, i draw what i want, with my own style . Meski saya ingat betul, waktu kecil kadang ngambek, kenapa sih saya nggak dimasukkin les? Kan iri sama “anak-anak les” yang sering menang itu karena gambar mereka menurut saya bagus banget. Padahal saya nyempil diantara mereka menang-menang juga. Dulu mom&pap belum menceritakan kenapa, baru lah setelah saya masuk SR mereka cerita. Dan belasan tahun kemudian, saya dengar dari burung yang bergentayangan, dulu anak-anak les itu pasti menang karena yang mengadakan lomba gambarnya juga masih rekanan tempat les tersebut, sponsor yang itu-itu lagi, dan lain-lainya…

Banyak sekali tempat kursus seni di kota Bandung. Mulai dari seni rupa, seni tari, seni musik, dsb. Dengan hubungan antara saya dengan tempat kursus gambar seperti cerita diatas, saya sangat bahagia melihat perkembangan anak-anak yang ikut les dengan kemauannya sendiri bahkan yang ikut atas permintaan orangtuanya. Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh anak yang mengikuti ekstrakurikuler seni, berkembangnya kreativitas, belajar untuk mandiri dan bersosialisasi menjadi sedikit dari banyak nilai plus yang akan mereka dapatkan dari sana. Pendidikan kreatif seperti les mengambar, les tari Bali, umumnya dilakukan setelah anak pulang sekolah, hal ini menjadi salah satu hal yang sangat saya pikirkan, di sekolah mereka pasti sudah kehabisan tenaga mengikuti pelajaran maka apa iya mereka masih sanggup les ini itu? Tapi anak jaman sekarang memang superpower, mereka sanggup dan bahkan minta sendiri diikutkan les ini-itu. ntah karena ikutan tren teman-temannya, tapi semoga atas dasar motivasi sendiri.

Manfaat kursus/les/bimbingan belajar/rumah seni

Berbagai manfaat dari mengikuti kursus seni diantaranya adalah sebagai proses pengembangan kreativitas. Mengikuti les membiarkan otaknya dididik untuk lebih kreatif, menggunakan imajinasi untuk membuat karya. Mereka dapat menemukan kemampuan dirinya, kebebasan untuk berkarya membuat rasa percaya diri pun tumbuh. Anak-anak dapat belajar suatu proses penciptaan, menciptakan karya, menemukan nada, mempelajari gerakan tarian yang baru, hal ini dapat memacu anak untuk terus mengikuti perkembangan di kemudian hari. Dan jika nantinya anak mmemutuskan untuk mengikuti kompetisi atau perlombaan, mereka akan belajar mengenai adanya persaingan dan pengetahuan baru lainnya. Emosi, kesabaran, ketekunan dan ketelitian pun akan terasah dan teratur.

cheers,
sally

30 Responses to “Saya, Tempat Kursus dan Manfaatnya”

  1. linus fans March 16, 2009 at 3:44 am #

    Tulisan yang menarik dan enak dibaca. Salam kenal dari Linus Airways, sukses selalu untuk Anda. Terima kasih.

  2. iwan March 16, 2009 at 1:57 pm #

    Pernah dengar strategi 4P? Strategi 4P yaitu Pribadi, Pendorong, Proses, dan Produk yang menurut para ahli dapat membantu mengembangkan kreatifitas anak jika diterapkan secara benar. Pada dasarnya setiap anak memiliki kreativitas, hanya saja tidak semua anak bisa mengembangkan kreatifitasnya dengan benar. Untuk itu diperlukan peran orang tua dalam mengembangkan kreatifitas tersebut. Melalui strategi 4P ini diharapkan dapat membantu orang tua dalam mengembangkan kreativitas anaknya.

    • missbikinibitsy March 16, 2009 at 4:24 pm #

      wah, terimakasih banyak infonya. belum baca..
      memang benar ya.. semoga setiap anak Indonesia berkesempatan mencicipi setiap point 4P tersebut..

  3. riana March 16, 2009 at 6:29 pm #

    btw, bener juga. sebagai orang awam yg tidak berkecimpung di dunia seni, aku jg sering ngeliat kalo gambar anak2 yg ikut les itu biasanya “pola”-nya sama.. terutama mainin warnanya..

    yakin lah kalo asuhannya sally pasti bakal beda sama yg lain.. :)

  4. bundagaluh March 26, 2009 at 4:28 am #

    Salam kenal ya mbak..thanks kemarin sudah mampir (‘nyasar???’) hehehe…iya sih mbak..lama-lama aku amati kalau pas di kelas lukisnya tuh semua gambar anak sama beserta pola warnanya (meski ada perbedaan gradasi). itupu si gurunya juga tidak menjelaskan kenapa ini pakai warna ini, sementara yang itu pakai ini, kenapa kemarin awannya pakai gradasi ini sementara yang sekarang ini, dst.. Ketika aku tanya ke gurunya, katanya itu sebagai awalan. Nanti lama-lama akan dibebaskan untuk explore sendiri…nggak tahulah, sampai saat ini aku belum dapat info tempat les lukis mana yang bagus (yang mendorong anak membebaskan imajinasi serta kreatifitasnya). Atau mbak punya info teman atau siapa gitu yang bisa mengembangkan hobi menggambar Salsa? thanks b4

    • missbikinibitsy March 26, 2009 at 4:53 am #

      Halo Bunda, makasi uda mampir.. iya saya lagi search taunya nyasar k site bunda cerita tentang tempat lesnya Salsa..
      Cara pengajaran tiap tempat les pastinya beda-beda, saya sendiri nggak tau pasti soalnya nggak pernah les waktu kecil, sekalinya waktu SMA itu juga hanya hadir beberapa kl..
      Bunda tinggal dmana ya? Kalau di Bandung insya Allah saya bisa :D nanti saya cari infonya kalo di luar kota..

  5. bundanyasya&rei August 22, 2009 at 10:16 am #

    halo mbak, salam kenal ya…anak pertama saya umurnya hampir enam tahun..kalo diajak belajar susah banget dan susah konsen. komunikasi verbalnya juga tidak secerewet anak2 seusianya. malah waktu umur 1 thnan sama tetangga dikira autis.tapi satu hal yang paling dia suka yaitu menggambar…saya kepingin sekali masukin dia les gambar/lukis di bdg..barangkali mbak ada info tempat les yg biayanya terjangkau semua kalangan..terimakasih

    • missbikinibitsy August 22, 2009 at 12:24 pm #

      Halo Bunda, terimakasih untuk apresiasinya. Saya telah membalas pertanyaan Bunda langsung ke e-mail Bunda. Semoga dapat membantu :) Salam untuk adek dan keluarga.

      • Endang September 12, 2012 at 2:00 pm #

        Mau dong mbak Sally bs ksi infonya…. Buat anak TK tempat kursus menggambar dan mewarnai yg paling ok di Bandung, ditunggu infonya mbak sekarang ya… Makasih…..

      • sallynatanegara September 12, 2012 at 2:51 pm #

        Halo Mbak Endang, maaf sekali sekarang saya mggak update soal les gambar untuk anak-anak. Mungkin yang dulu tahun 90an terkenal seperti Sanggar Ananda madih ada. Terimakasih..

  6. Tri Susilowati July 12, 2010 at 7:27 am #

    mba ulasannya menarik. Jadi senang dah nyasar kesini. Anak saya yang TK B suka menari dan menggambar. Dan dia minta sendiri belajar menari dan mewarnai. Mau juga dong info tempat2 les menggambar dan mewarnai di Bandung yang baik dan terjangkau harganya. Termakasih.

    • missbikinibitsy July 12, 2010 at 9:03 am #

      Halo Bunda Tri, salam kenal :) Terimakasih ya sudah sering “nyasar” kesini..hihihi.. Adek di TK B pintar sekali, sudah senang menari dan menggambar, selalu biarkan dek berkreasi sesuai dengan kesenangannya ya, Bunda.. Namun tidak lupa untuk selalu ditemani dan dibantu… Saya sendiri tidak lagi tahu tempat les demikian, mohon maaf tidak bisa membantu. Saya hanya mengenal kakak-kakak les privat gambar :) Salam untuk Adek yaaa…

  7. Ester July 19, 2010 at 5:00 am #

    Salam kenal… Minta pendapat nih… Anakku 3 th, mewarnainya sangat rapi, tidak keluar garis dan perpaduan warnanyapun baik. Berhubung ortunya gak bisa gambar, jadi ingin diles kan gambar, karena kelihatannya anak berbakat. Apakah sebaiknya diles-kan atau dibiarkan saja, sekalian minta info tempat les di Bali. TQ a lot.

    • missbikinibitsy July 20, 2010 at 7:25 am #

      Halo Bunda, terimakasih untuk pertanyaannya.

      Adek sudah mampu mewarnai gambar dengan sangat rapi? Itu luar biasa, Adek memiliki kemampuan untuk mengenal bidang secara baik.
      Apa Bunda memiliki banyak watu luang dirumah? Jika Bunda ada dirumah, Adek dan Bunda bisa berkreasi bersama-sama tanpa harus berangkat les. Bunda bisa memberikan Adek lembar-lembar kegiatan mewarnai. Setelah beberapa waktu, bisa diberikan kertas kosong dimana Adek dapat menuangkan kreasinya disana. Mungkin nanti Adek bingung mau gambar apa, bisa dimulai dengan menggambarkan benda-benda yang ada disekelilingnya. Pada usia emas ini, bermain lebih diutamakan ya Bunda, bermain sambil belajar :)

      Mohon maaf saya tidak mengetahui tempat les di Bali.
      Terimakasih.

  8. maria August 27, 2010 at 5:59 am #

    mbak saya setuju sekali dengan pendapat mbak, bahwa mengikuti kegiatan-kegiatan seni dapat mengembangkan kreativitas. tapi karena keterbatasan informasi, saya kesulitan menemukan tempat les seni menggambar di Bandung..
    kalau untuk mahasiswa, mbak tau ga ya tempat les menggambar yang recommended di Bandung? terimakasih banyak ya mbak..

    • sallynatanegara August 27, 2010 at 8:03 am #

      Hai mbak Maria, terimakasih untuk komentarnya. Yang dimaksud oleh Mbak Maria, les menggambar mahasiswa untuk mengisi waktu luang atau dengan tujuan misalnya les menggambar untuk masuk Perguruan Tinggi jurusan Arsitektur atau Seni Rupa dan Desain yang pada saat tes masuknya ada tes menggambar?
      Ada beberapa tempat berkreasi menggambar/melukis di Bandung, namun saya sendiri belum pernah mencobanya. Salah satunya di Bandung Utara ada di Museum Barli, Jl. Dr. Ir. Sutami 91.
      Kalau untu les menggambar dengan tujuan untuk tes masuk Perguruan Tinggi (bimbingan belajar seni rupa), ada beberapa nama terkenal seperti KSMSR dan Villa Merah. Semoga membantu :)

  9. maria August 28, 2010 at 4:57 am #

    sebenarnya untuk mengisi waktu luang saja sih mbak, dan kalau bisa yang bukan untuk profesional2,, saya malu soalnya sebenarnya nggak jago2 banget gambar. saya cuman ingin mencoba berkegiatan seni supaya lebih kreatif, dan selama ini saya paling tertarik di seni menggambar dibanding seni2 lainnya..
    wah saya belum pernah dengar museum barli, padahal saya tinggal di daerah Bandung Utara, nanti akan saya coba tanya2kan teman.. terimakasih banyak mbak infonya,,

    • sallynatanegara August 28, 2010 at 8:58 am #

      Museum Barli itu dekat sekolah tinggi pariwisata. Iya gak apa-apa kan melakukan aktivitas kreatif apapun selama kita menyenanginya, cuek aja lagi :D Katanya sih disana ada ibu-ibu yang ingin mengisi waktu luang juga loh. Di daerah Setiabudhi/Ledeng ada Sanggar nya alm. Popo Iskandar, yang masih dibina oleh anaknya.
      Ada juga sanggar kreasi yang lebih “santai” ya, tapi saya gak hafal betul, biasanya baca artikel di koran.. Nanti saya carikan dulu infonya :)

      • leed November 25, 2010 at 8:02 am #

        mba, kalo sanggar gambar buat anak TK didaerah margahayu/metro/riung bandung ada info ga mba? ato punya rekomendasi privat gambar ke rumah? tks

      • sallynatanegara December 9, 2010 at 6:26 am #

        Halo, maaf sekali saya tidak memiliki info tersebut. Sementara akan saya tanyakan dulu ke teman-teman FSRD ya.. Jika ada nanti akan saya kabari melalui e-mail. Terimakasih :)

  10. Tia June 18, 2012 at 1:31 pm #

    wah nyasarnya bagus juga nih mbak, kebetulan saya lagi nyari kursus gambar dan udah kelas 3 SMA. saya emang hobi gambar dan minat melanjutkan ke jurusan seni, boleh minta kontak guru lesnya mbak ga? saya mau nyoba kira-kira cocok ga sama saya. makasih ya mbak

    • sallynatanegara September 12, 2012 at 2:59 pm #

      Halo Tia, maaf sekali saya baru aktif lagi. Hana kabarmu? Sekarang sudah masuk kuliah dong yah? Apalah jadi masuk ke jurusan Seni? Cheers.

  11. ario July 29, 2012 at 11:35 am #

    kalo boleh tau itu lesnya dimana yah? saya juga mau nih, saya pengennya sih masuk ke perfilman dan jadi sutradara, tapi ternyata kalo di fsrd itb harus gambar juga, boleh diinfo dong ke twitter saya @mahardikario atau ym saya di kambing_ulen makasih

    • sallynatanegara September 12, 2012 at 3:04 pm #

      Halo Ario, maaf sekali baru saya balas. Sudah kuliah kah? Tentunya di FSRD ITB harus menggambar, hahaha..dimana ada jurusan Seni tanpa menggambar?

      Jurusan perfilman yang oke menurutku di IKJ, rasanya membuat film pun butuh menggambar untuk storyboard dsb..

      Tempat les saya di KSMSR dan yang Private itu bersama om Ago di dago, namun seingat saya beliau sudah pindah dan saya lost contact. Maaf ya..

  12. mizzytiana December 7, 2012 at 10:38 pm #

    mba…maudoonkinfokursusgambarbuat anak2 di daerah bandung
    makasiih yaa

  13. yanti June 6, 2013 at 10:54 am #

    Hallo Mba Sally…, kalau boleh diinformasikan tempat les privat gambar & no. telepon yang bisa dihubungi.., kebetulan anak saya berminat masuk FSRD – ITB, salam

  14. etika August 2, 2013 at 4:07 am #

    Hallo mbak, salam kenal saya etika. Sekarang saya mahasiswi tingkat 2. Saya hobi menggambar dan ingin mendalaminya. Saya tinggal d bandung. Kira2 tmpat private yg bagus dimana? Ato boleh d mbak?

  15. etika August 2, 2013 at 4:08 am #

    Boleh minta kontak mbak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: